Rabu, 05 Desember 2012

Mengontrol AC menggunakan handphone atau alat telematika


AC atau Air Conditioner adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).
Air Conditioner atau AC saat ini sangat dibutuhkan di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia.Banyak Gedung atau kantor - kantor yang menggunakan AC sehingga keberadaan AC sangat dibutuhkan.
Bila kondisi badan kita dalam kondisi yang memerlukan udara yang sejuk maka AC adalah solusi yang Pas untuk memenuhi kebutuhan itu.
Saya akan mencoba membuat AC yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan jaringan handphone.
Langkah pertama  adalah  membuat AC itu terhubung  dengan jaringan internet, lalu Saya akan  memberi IP adrees pada AC tersebut, kemudian saya  memasukkan program untuk AC tersebut agar bisa menerima dan menjalankan perintah dari saya yang menggunakan handphone sebagai media untuk mengontrol AC.
Handphone disini adalah sebagai alat untuk terkoneksi dengan internet yang nantinya akan memberikan perintah ke AC tersebut.
Misalkan saya sedang dalam perjalanan pulang  saya ingin setelah sampai rumah, ruangan kamar saya sudah dalam kondisi  yang sejuk. Caranya adalah sekitar 15 menit perjalanan menuju ke rumah, saya menyetel AC tersebut dengan suhu 17 ° C .

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:


  • handphone harus sudah terhubung dengan internet.
  • handphone yang sudah terkoneksi ke jaringan internet masuk ke IP address dari AC yang sudah diberi program. 
  • setelah masuk ke IP address barulah kita bisa mengaktifkan AC dari jarak jauh dan kita bisa mengatur suhu AC di rumah.                                                                                                          Demikianlah angan -angan atau cita - cita saya, semoga kita bisa melakukannya.                                                                 

1 komentar: