shalat tahajud

Menyelami Makna Shalat tahajud

Kita sebagai manusia tentu saja diperintahkan oleh Allah SWT untuk berpikir dan merenung untuk mencari makna apapun itu. Termasukshalat tahajud yang sungguh merupakan shalat yang luar biasa maknanya.

Apa itu sholat tahajud? Secara etimologi bahasa, kata tahajud berasal dari kata Al-hujud yang artinya bangun dari tidur. Dalam definisi yang lebih luas, shalat tahajud adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam setelah tidur terlebih dahulu. Shalat ini juga bisa disebut Qiyamul Lail atau shalat malam.
Allah menempatkan kedudukan shalat tahajud ketempat yang sangat istimewa, baik secara harfiah maupun manfaat. Shalat tahajud adalah satu-satunya shalat sunah yang dicamtumkan dalam Al Qur’An.
——————————————————————————————————————

Keajaiban Shalat tahajud

Ada banyak sekali keutamaan sholat tahajud. Allah telah menggambarkan betapa sholat tahajud telah di beri kedudukan yang istimewa. Berikut 12 keajaiban sholat tahajud yang harus kita ketahui.
  • Sholat Tahajud sebagai tiket masuk surga
  • Amal yang menolong di akhirat
  • Pembersih penyakit hati dan jasmani
  • Sarana meraih kemuliaan
  • Jalan mendapatkan rahmat Allah
  • Sarana Pengabulan permohonan
  • Penghapus dosa dan kesalahan
  • Jalan mendapat tempat yang terpuji
  • Pelepas ikatan setan
  • Waktu utama untuk berdoa
  • Meraih kesehatan jasmani
  • Penjaga kesehatan rohani
Saya sudah menulis artikel lengkap tentang keajaiban sholat malam ini, selengkapnya silahkan di baca :

——————————————————————————————————————

Tata Cara Shalat Tahajud

Pada prinsipnya tata cara pelaksanaan shalat malam ini sama saja dengan shalat sunat lainnya.

Jumlah Rakaat

Jumlah rakaat pada sholat tahajud ini tidak terbatas, mulai dari 2 rakaat, 4 (dua kali salam), dan seterusnya.

Waktu Pelaksanaan

  • Sepertiga malam, kira-kira mulai dari jam 19.00 sampai jam 22.00
  • Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00
  • Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh (paling utama)
Abu Dzar bertanya kepada Rasulullah SAW tentang shalat malam yang paling afdhol waktunya. Rasulullah SAW menjawab, “akhir tengah malam yang tersisa, tetapi sedikit sekali orang yang mengerjakannya.” (HR. Ahmad).

Shalat tahajud Rasulullah

Ada beberapa adab yang sangat di anjurkan seputar pelaksanaan shalat malam ini berdasarkan hadist Rasulullah.
1. Berniat sebelum tidur
Sebelum tidur hendaknya berniat terlebih dahulu untuk bangun mengerjakan shalat malam. Siapa yang berniat sungguh-sungguh sebelum tidur untuk bangun malam melaksanakan shalat tahajud, walaupun ia pada akhirnya tertidur, mungkin karena terlalu lelah, maka akan terhitung telah melakukan shalat malam seperti yang ia niatkan.
2. Membangunkan Anggota keluarga
Setelah bangun dari tidur bisa berdoa dan membangunkan anggota keluarga. Dalam melakukan kebaikan hendaknya kita juga mengajak orang lain. Yang terdekat tentu saja adalah anggota keluarga pribadi. Terlebih lagi shalat tahajud adalah shalat yang banyak mengandung kemuliaan.
3. Berwudhu sebelum shalat
Setelah bangun tidur hendaknya segera berwudhu untuk menghilangkan rasa ngantuk. Jangan di tunda-tunda karena biasanya rasa kantuk kembali menguasai pikiran dan dikhawatirkan akan kembali tertidur.

Memulai Shalat Tahajud

Sesudah mengerjakan hal-hal di atas bisa langsung memulai sholat tahajud. Adapun tatacaranya sama saja dengan shalat sunat lainnya. Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut.
Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”
Kemudian jangan lupa untuk menutupnya dengan shalat witir dan membaca doa seperti dibawah ini.
Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.
Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”
Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa rasulullah jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa:
Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.
Setelah itu, perbanyaklah membaca istigfar sebagai berikut:
Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih
Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”
Untuk tata cara shalat tahajud yang lebih lengkap, anda bisa membacanya lebih detail pada buku-buku khusus membahas shalat tahajud, ataupun referensi lainnya.
——————————————————————————————————————

Shalat Tahajud Sepanjang Masa

Bagaimana caranya agar bisa melaksanakan shalat tahajud setiap malam? Ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Allah akan memudahkan asalkan kita benar-benar punya niat untuk melaksanakannya.
Bagaimana agar mudah melaksanakan shalat malam ini? Nah, Berikut adalah tips mudah menunaikan sholat tahajud setiap malam.
  • Ikhlaskan Niat shalat tahajud anda Karena Allah
  • Tidak Membuat diri terlalu lelah di siang hari
  • Tidur dalam keadaan suci
  • Tidak Membuat tempat tidur yang mewah
  • Tidur di atas lambung kanan
  • Segera tidur setelah shalat isya
  • Berdzikir sebelum tidur
  • Merasakan bahwa Allah SWT memanggil
  • Merasakan bahwa Allah SWT melihat dan mendengar shalat tahajud kita
  • Ingin memiliki sifat-sifat orang-orang yang menunaikan tahajud, terutama generasi muslim pertama
  • Menghayalkan surga
  • Selalu ingat akan azab neraka
Selengkapnya bisa di baca di artikel saya sebagai berikut.

——————————————————————————————————————

Peran Shalat Tahajud dalam Meraih Kesuksesan

Sholat tahajud adalah shalat dimana Allah lebih banyak mendengar doa kita, termasuk untuk meraih sukses dunia dan akhirat. Jadi, apabila anda memang sedang berhajat untuk sukses, maka lengkapilah ikhtiar anda dengan sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan ibadah tambahan untuk orang yang ingin meraih sukses. Rahasia yang terkandung di dalam sholat tahajud sudah banyak di ceritakan sebagai salah satu cara untuk meraih sukses. Baca juga selengkapnya di :

Shalat Tahajud (Qiyamul Lail) sangat jelas mengandung banyak hikmah dan keutamaan. Shalat malam ini adalah keajaiban luar biasa yang mampu membawa hati manusia pada ketemtraman yang memiliki nilai spiritual yang sangat tinggi. Sebab dalam shalat ini mengandung dimensi dzikrullah (mengingat Allah Swt).
Demikian Panduan sholat tahajud ini. Adapun kalau ada kekurangan dan kekhilafan dalam penulisan mohon di koreksi, afwan jiddan. Syukran Katsir. Semoga bermanfaat!
(Sumber : Buku Keajaiban Shalat Tahajud Karya Abu Zaid Al Mubasyir dan berbagai sumber lainnya).

Sumber :  http://www.ilawati-apt.com/meraih-keberkahan-dengan-shalat-tahajud/