Minggu, 28 April 2013

7 tips merawat baterai laptop dengan baik

Laptop Battery
Sigmanews- Baterai merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Jika baterai pada sebuah perangkat laptop itu kehabisan daya energi maka Anda tidak bisa menghidupkan dan pastinya tidak bisa menggunakan laptop tersebut. Baterai pada laptop harus kita rawat dan kita jaga dengan baik. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi para pengguna laptop :

1. Ketika pertama kali membeli Laptop, charge baterai sekitar 8 sampai 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam waktu cukup lama sebaiknya di-charge terlebih dahulu sebelum digunakan, sehingga bisa mencapai Floating Battery.

2. Hindari melakukan sistem charge yang kurang baik yaitu Charge Discharge (CdC). Apabila baterai penuh maka adaptor dilepas dan ketika baterai mulai habis baru adaptor dipasang lagi.

3. Hindari kalibrasi kondisi baterai sampai 0%, karena nantinya akan mempengaruhi Cycle Count pada baterai.

4. Ketika menggunakan Laptop sebaiknya jika sedang Charging Battery, baterai dicharge trus meskipun baterai sudah penuh. Karena saat ini produsen laptop dan baterai sudah menggunakan sistem Control Battery ke dalam baterai, jika baterai sudah penuh maka proses pengisian akan dihentikan. Dan baterai dalam keadaan penuh sedangkan charge dalam keadaan Stand Bye tetap memberikan daya langsung ke laptop, hal ini tidak perlu di khawatirkan untuk membuat baterai menjadi kembung.

5. Hindari melepas baterai
apabila tiba-tiba listrik padam, karena dapat mempengaruhi perangkat laptop dan mengakibatkan konsleting hardware. Karena pada baterai sudah dilengkapi sistem untuk mengatur arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat laptop.
6. Ketika menggunakan baterai portable dan tanpa aliran listrik, sebaiknya jangan memutar DVD/CD, software yang menguras memori dan prosesor, memainkan musik atau video, main game dan menggunakan Wi-Fi.

7. Pastikan suhu ruangan dalam keadaan normal, karena suhu yang tinggi dapat mempengaruhi performa betarai. Suhu yang tinggi pada laptop juga dapat mempengaruhi umur baterai menjadi lebih pendek.
Sekian beberapa tips untuk merawat baterai laptop dengan baik di atas. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam menggunakan perangkat laptop dengan baik.

Sumber  :  http://sigmanews.us/id/read/518/7-tips-merawat-baterai-laptop-dengan-baik-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar