Minggu, 02 Juni 2013

Mengatasi Grogi Saat Melakukan Presentasi


Perasaan grogi atau "nervous" terkadang terasa akan mengganggu kita disaat akan melakukan suatu presentasi. Baik itu presentasi dalam kegiatan usaha, pekerjaan dan juga di sekolah atau kampus. Rasa grogi ada yang secara langsung muncul dan terasa menggangu, tetapi ada juga yang temporer, dalam hal ini perasaan grogi akan munucl dikarenakan apa yang sedang presentasikan belum sesuai dengan harapan.

Para ahli sering menyebutkan bahwa perasaan grogi ini nampak dikarenakan melemahnya rasa yakin pada diri seseorang. Tetapi, seorang yang amat berkuasa juga, misalnya presiden direktur yang bicara pada bawahannya, tetap juga terjangkit rasa grogi.

WelCome In My Blog | Dreaming The Until Come True

Ada juga saran supaya anda menyiapkan diri sebaik-baiknya sebelum saat melakukan presentasi, tetapi toh perasaan grogi itu terus nampak. Hal ini bermakna grogi atau nervous tidaklah perihal yang dapat dihindari demikian saja. Terlebih apabila butuh dikerjakan supaya memberikan nilai makin baik didalam presentasi anda.

Bila suatu ketika anda tengah menanti giliran untuk mengemukakan presentasi, dimana pada saat itu anda sudah menyiapkan segala nya. Tetapi, anda tetap merasa grogi, nervous, gugup serta lain sebagainya, maka berikut ini akan dipublikasikan cara mengatasinya.

Genggam sesuatu benda di tangan anda

Apa yang anda rasakan waktu grogi? Dada berdebar-debar, keringat dingin mengucur, bibir bergetar, serta darah seolah mengalir lebih cepat. Hal ini menandakan bahwa semua perasaan tersebut merupakan sebuah dorongan daya yang meluap dari dalam diri anda. Tidak ada yang salah pada daya itu, tetapi butuh penyaluran dengan cara positif. Selain itu gejala yang timbul ini juga tentunya dapat dijadikan bahan bakar yang mendorong presentasi anda akan semakin tambah baik. Anda dapat menggunakan daya itu untuk memantapkan tampilan anda. Salurkan rasa grogi itu, carilah benda yang dapat anda genggam, seperti spidol, penghapus, dan benda-benda lain yang ada di sekitar area presentasi. Denga menggenggam sebuah benda, maka daya grogi dapat beralih ke benda itu.

Sandarkan tangan ke meja
Bila anda tidak menemukan sebuah benda untuk digenggam, maka carilah meja atau permukaan yang dapat dijadikan untuk menumpukan tangan anda. Cermati, meja ini yang menyentuh ke lantai. Kenapa mesti ke lantai? Supaya anda dapat memikirkan bahwa, daya grogi akan bergeser ke meja serta perlahan turun ke kaki meja serta menyatu ke lantai. Cobalah teknik ini, maka grogi anda akan segera menyusut. Tidak hanya meja, tapi bisa juga dilakukan terhadap media lain, seperti dinding dengan cara menyentuhkan telapak tangan anda ke permukaan dinding. Dengan sikap seperti itu, pastinya dapat membuat lebih terbuka dalam bergerak, dan tidak hanya monoton.

Berpindahlah posisi berdiri
Bila anda sedang melakukan presentasi, upayakan agar anda tidak selalu terpaku di area pertama anda berdiri. Sebab ketika anda berada pada posisi diam selama 15 menit, maka akan membuat audiens jemu serta mengalihkan perhatiannya dari presentasi anda. Coba untuk bergerak ke kiri serta kenana, dan lakukanlah setiap anda berhenti bicara. Dengan pergerakan tubuh, maka audiens akan mengikuti gerakan tubuh anda serta menyingkirkan kebosanan dan menaikkan perhatian mereka pada anda.

Tatap mata audiens
Bila anda menginginkan audiens memfokuskan perhatian kepada anda, maka tatap mata mereka, kunci matanya serta gerakkan dengan tubuh anda. Biarkanlah mata mereka bergerak kemanapun mengikuti gerakan tubuh anda, bila anda sukses mengkunci mata audiens maka, presentasi anda sukses serta perhatian audiens juga meningkat. Bila situasi bergairah, pastinya anda dapat megikutinya hingga grogipun hilang.

Optimalkan 3 menit sebelum saat presentasi
Bila langkah di atas menjelaskan teknik saat melakukan presentasi, maka langkah ke-5 ini akan menjelaskan hal yang harus anda lakukan sebelum presentasi. Apa yang perlu dikerjakan, sempatkan waktu 3 menit sebelum saat mengawali presentasi. Tutup mata anda, serta pikirkan ruangan di dalam waktu anda presetasi, pikirkan anda presentasi dengan grogi, cermati saja bayangan itu. Lantas stop gambaran itu, serta ganti menjadi gambaran pikiran yang positif, di mana anda dapat lakukan presentasi dengan prima. Setelah itu pergunakan teknik smart breathing, yaitu tarik napas 5 hitungan, yaitu tahan napas hingga 5 hitungan, lepas napas 5 hitungan, dengan bernapas seperti itu, maka akan membuat rasa berdebar hilang dari diri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar